Kampung Inggris Pare Kediri, Satu hari dengan Kesan Yang Mendalam – Part 1

()

SittiNurbaya.com – Hai sobat , jalan kita kali ini ke Kampung Inggris Pare Kediri. Sebuah kawasan Pendidikan di daerah jawa timur. Tepatnya di Kabupaten Kediri. Sekitar 100 kilometer dari Surabaya, ibukota Jawa Timur.

Kampung Inggris Pare Kediri

Kampung Inggris yang sangat terkenal di berbagai penjuru Indonesia ini terletak di Desa Singgahan dan juga di desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kediri. Eh, Pare ternyata sebuah kecamatan ya sobat. Tidak seperti dugaan kita bahwa Pare adalah sebuah kota seperti Kediri.

Perjalanan ke Pare Kediri dari Surabaya memerlukan waktu sekitar 3 jam, baik memakai moda transportasi Bus Umum maupun memakai Sepeda Motor. Bila memakai mobil pribadi ya sekitar 2.5 jam saja. Itupun bila sudah hafal tempatnya. Bila belum pernah kesana sebelumnya mungkin sedikit jeda waktu untuk bertanya pada penduduk sekitar. Itupun takkan lama, karena begitu terkenalnya tempat ini sehingga kebanyakan penduduk di sepanjang jalan menuju kampung inggris pasti sudah pada tau ya , sobat.

Kesan Pertama

Tidak perlu waktu lama Sitti Nurbaya mengenali dan sampai ke kawasan Kampung Inggris, 1 atau 2 kali bertanya saja pada orang di pingir jalan. Kesan Pertama kampung ini terihat begitu hidup, dengan segala fasilitas umumnya. Tidak seperti pedesaan atau kampung pada umumnya. Ini dikarena kan banyaknya aktifitas pelajar yang berdatangan setiap bulannya. Pendatang dari luar kota mencapai ribuan setiap bulannya. Luar biasa ‘kan?

Sitti, mendapat undangan dari sahabat yang ingin bertemu sejak sekian lama gak bersua. Di kampung Inggris. Karena waktu yang lagi senggang Sitti bisa memenuhi undangan tersebut. Lumayan buat jalan-jalan dan mendapat pengalaman seru, pikir Sitti begitu.

Sesampai di daerah kampung inggris, berbagai pamflet, baliho dan iklan dari berbagai lembaga kursus disana tampak sekali meriah. Beberapa bangunan lembaga juga mencolok nampak sesaat setelah melalui Jalan Brawijaya. Maklum di kampung ini ada lebih dari 250 lembaga kursus bahasa Inggris yang ada dan terdaftar di Yayasan Kampung Inggris. ( update Desember 2019 )

Ratusan Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Bangunan-bangunan besar sebagai tempat belajar banyak dijumpai disana. Ada pula yang hanya rumah kecil dengan 2 atau tiga petak yang dijadikan ruang belajar bahasa. Jangan kaget ya sobat. Di Kampung Inggris Pare, lembaga kursus yang jumlahnya ratusan dan akan terus bertambah itu tidak semuanya lembaga kursus besar. Ada pula yang hanya buka pas liburan sekolah saja. Ada pula yang bisa menampung ratusan siswa tiap bulan ada yang hanya belasan siswa sesuai kapasitas ruang belajar di lembaganya. Itu sudah pemandangan umum disana.

Jalanan disana ramai oleh pelajar yang lalu-lalang. Mereka biasanya sambil ngobrol dengan teman-temannya sepanjang perjalanan. Untuk bisa lancar berbahasa sekaligus latihan. Lazimnya, mereka memakai sepeda angin kemanapun mereka pergi. Bukan sepeda motor. Ini sarana transportasi yang umum disewakan untuk pelajar yang datang ke kampung Inggris. Murah dan pastinya lebih sehat, yakan sobat?

Jangan Salah Masuk atau Salah Alamat

Sitti, barulang kali melihat-lihat papan nama kursusan yg selalu ada di sepanjang jalan, untuk menemukan alamat teman Sitti yang mengundang datang. Susah juga ya.. banyak sekali sih.. bahkan harus berjalan sangat lambat kendaran yang Sitti tumpangi. Agar tidak kebablasan disana. Padahal kampung inggris hanya ada di beberapa ruas jalan yang sejajar saja. Jalan Brawijaya, Jalan Anyelir dan Jalan Asparaga. itu saja.

Ini yang terjadi selanjutnya, ternyata benar. Sitti melewati alamat yang Sitti tuju tanpa tahu atau melihat papan nama yang menjadi tujuan Sitti. Ini terjadi setelah beberapa waktu berkendara tak kunjung juga ketemu. Akhirnya, pakai juga Google Maps meski itu pilihan terakhir. Akhirnya kembali putar balik. Dan tadaaa… sampai deh.

Sambil tertawa kecil dan senyum-senyum sendiri, sesampai ditempat tujuan. Akhirnya telepon ke teman yang mengundang Sitti berkunjung. Sambil nunggu, teman datang Sitti duduk duduk di teras. Kok bisa ya, banner segitu gedhe tadi gak kelihatan? hehe.. Sobat , pasti tahu karena saking banyaknya banner yang hampir serupa dan mata terbatas membaca satu persatu kali yaa..

Menggunakan Peta Daring untuk sampai ke tujuan

Oia, pakai Google Maps, tentu saja akan mempercapat menemukan tempat tujuan. Namun, sedikit info, banyak juga tempat yg drop-pin nya di maps tidak pas. Artinya tidak sesuai antara di maps sama kenyataan. Jadi jangan kaget juga nanti kalo pas disana google bilang sampai, ternyata itu kursusan lain. xixixi

Teman Sitti, salah satu yang punya tempat kursus bahasa Inggris tertua di Kampung Inggris disana. Sejak 2003 sudah eksis dan membangun tempat kursus tersebut dengan sederhana. Sampai sekarang tempat yang begitu luas sarana belajarnya dan setiap bulan diikuti lebih dari 500 siswa dari berbagai pelosok Indonesia. Wahhh… luar biasa yaah..

Suasana di Kampung Inggris

Yang menarik, tempat itu tidak mewah, kesan lega dan alami pada tata letak ruang belajarnya.  Terlihat beberapa gazebo , sebagai ruang kelas maupun gazebo buat nongkrong-nongkrong sambil cuap-cuap dengan bahasa inggris. Tidak ada kesesakan terlihat, pemandangan sawah masih ada disekeliling ruang belajar. Udara bebas dan bersih. Suasana pedesaan banget, gaes.

Sitti Nurbaya di kampung Inggris

Ruang dengan balai-balai kayu, dengan dinding terbuka dan pilar kayu terlihat mempesona bila sobat datang dari kota dimana semua bangunan selalu terbuat dari beton. Ruang-ruang tersebut dinamai dengan nama-nama keren yang mendunia. Sebut saja Ruang Einstein, Ruang Alexander the Great, Ruang Galileo dan sebagainya.

Ruangan untuk Belajar

Mereka belajar secara lesehan, dikebanyakan lembaga kursus juga demikian. Hanya ada karpet besar yang tergelar, ada meja kayu perseorangan, tanpa kursi tentu saja.

Ada yang belajar 2 minggu, 1 minggu bahkan ada yang belajar intensif bahasa inggris dengan durasi 3 bulan dan 6 bulan.

Ada 20 sampai 30 an orang dalam setiap kelas bejarnya. tidak lebih. Cukup efektif aku kira.

Hari itu, kita ngobrol-ngobrol santai. Tidak ada keresahan diantara kita, hehe. Kita banyak ngobrol masalah seputar Les Bahasa Inggris, Lembaga Kursus yang ada di pare . Sejarah singkat tentang ratusan lembaga kursus yang ada di sekitar dan warna-warni romantika keramaian nama besar Kampung Inggris.

Camp English Area

Siswa disini diajari tentang disiplin. Dan mereka dengan senang hati mengerjakannya tanpa beban. Disiplin waktu belajar. Jadual padat yang dimulai sesaat setelah shalat shubuh. sampai dengan jam 9 malam. Disiplin berbicara bahas inggris dimana saja, terutama di asrama lembaga atau biasa disebut Camp English Area. Disiplin Self Learning,

Kebanyakan siswa memilih tinggal dikost tidak jauh dari ruang kelas, tidak jauh bahkan untuk berjalan kaki. Asrama dari lembaga kursus menjadi pilihan pertama. Selain karena lebih disiplin menerapkan English Everytime everyday juga karena lingkungan yang sangat bagus untuk segera menjadi lancar berbahasa asing tersebut.

Kampung Inggris Kresna

Penginapan dan Kost Pelajar di Kampung Inggris

Ada juga yang di kos bisaa , di kampung  sekitar tempat kursus. Ada ditempat warga desa. Tidak jauh tentunya. Murah juga hanya  kisaran 200-300 sebulan.  Biasanya secara umum, tiap kamar kost tidak ditempati sendiri, ada 2 sampai 4 orang. Dan bayarnya per orang, sobat. Bukan per kamar. Itu sudah lazim disana. Dan TIDAK DITEMUKAN KAMAR KOS UNTUK 1 ORANG 1 KAMAR di kampung Inggris Pare Kediri.

Satu yang terpenting, MAKANAN di sekitar kawasan Belajar

Seperti sudah mejadi hukum alam, dimana ada keramaian disitulah sisi bisnis tetap berjalan. Kulineran, bagi kamu yang ada di sana, takkan jauh-jauh.  Di seputar 500 meter tempat kamu sedang berpijak, kamu bisa dapetin apa saja yang kamu mau. Makanan ringan, setengah berat bahkan yang terberat pun ada. Demikian juga dengan Minuman-minuman penyegar disaat kamu sedang kehausan habis belajar dan ngoceh pakai bahas Inggris. Semua ada , tenang saja.

Efektif waktu dengan sewa Sepeda Angin

80.000 saja , kamu dapat kemana saja dengan naik sepeda onthel, sepeda angin ke seluruh penjuru Kampung Inggris. 80.000 untuk biaya sewa sepeda dalam satu bulan. Bukan harga mahal tentunya. Da ini sangat berguna untuk hemat waktu kamu untuk kemana saja . berangkat ke kelas, belanja keperluan harian, bahkan untuk kulineran.

How Good Sitti wrote?

Click on a star to rate it!

friends rating / 5. Sitti Friends vote:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *